HUT DAMKAR KE 100 TAHUN TINGKAT KABUPATEN BOGOR


Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor merayaka Hari Ulang Tahun ke 100 Damkar Indonesia di Lapangan Tegar Beriman Bogor pada tanggal 11 April 2019. Momen bahagia itu turut dirayakan oleh berbagai unsur yang hadir di lokasi, seperti Kementrian Dalam Negeri Dirjen Bina Adwit, PUSDIKLAT Ciracas, Polres Kabupaten Bogor, KODIM Kapupaten Bogor, LANUD Atang Senjaya, BNPB, BASARNAS, BPBD Provinsi, SATPOL PP Jawa Barat, Persatuan Guru Madrasah, OPD Kabupaten Bogor, Kecamatan Kabupaten Bogor, APDESI, APKARI Jawa Barat, 30 Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten/Kota, Lembaga Pendidikan, Badan Usaha Swasta/Perusahaan hingga undangan lainnya.

Bupati Bogor, Ade Yasin dalam sambutannya saat memimpin upacara, meminta petugas pemadam kebakaran bisa lebih tangguh dan siaga dalam menjalankan tugasnya. “Bencana Kebakaran maupun alam lainnya tentunya tidak bisa di duga, saya meminta petugas lebih tangguh dan siaga dalam melindungi masyarakat dari kejadian bencana kebakaran atau bencana alam lainnya, ujar ” ujar Ade Yasin.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, Damkar Kab. Bogor harus lebih profesional dan harus meningkatkan kualitas dan kuantitas personilnya dalam menghadapi setiap kejadian kebakaraan. ” Kami akan berusaha untuk meningkatkan sarana dan prasarana, antara lain yaitu penambahan unit mobil pemadam, penambahan personil dan penambahan sektor UPT Damkar, ” Jelas Iwan. ” Secara bertahap Kami akan melakukan peningkatan, karena sesuai tagline yang ada, bila Kabuapten Bogor termaju Damkarnya juga harus Maju,” harap Iwan.

Pada Kesempatan yang sama , Kadis Damkar BogorKab Epi Rupali, SH, MH, Mengungkapkan masih banyaknya kekurangan yang harus di penuhi Pemkab Bogor. ” Personil yang ideal untuk Kabupaten Bogor itu 1.000 orang, namun kita memiliki personil baru 200 orang . Mobil Pemadam juga masih kurang , idealnya 100 mobil, namun kini baru ada 28 mobil”. ” Di tahun 2019 ini kami berharap ditambah dengan mobil tangga yang tinggi, seperti yang dimiliki Damkar Kota Bogor dan Damkar Depok,” Harap Epi.